Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Suhu dan kalor SD. Suhu merupakan besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Untuk secara pasti panas atau dinginnya suatu benda, kita membutuhkan suatu besaran yang bisa diukur dengan alat ukur baku. Untuk memudahkan pemahaman kita, berikut contohnya: apa yang kita rasakan saat kita minum es, dingin atau panas? Saat kita merebus air dengan cerek, lama kelamaan air tersebut akan menjadi lebih panas jika dibandingkan dengan sebelum direbus.


Mampukah tangan kita dipakai untuk menentukan atau mengukur derajat panas dan dinginnya suatu benda dengan tepat? Tentu tangan kita tidak bisa mengukur derajat panas suatu benda dengan tepat, maka kita membutuhkan suatu alat yang dapat kita pergunakan untuk mengukur suhu dengan tepat. Yuk kita bahas secara mendalam tentang materi suhu dan kalor
Alat Ukur Suhu Suatu Benda
Pengertian Kalor
o Satuan Kalor
o Perbedaan Suhu dan Kalor
o Hal Hal tentang Suhu
o Hal Hal Tentang Kalor
Macam Macam Perpindahan Kalor



Alat Ukur Suhu Suatu Benda
Alat untuk mengukur suhu adalah termometer. Termometer pertama kali dibuat di tahun 1592 oleh seorang ilmuwan yang berasal dari Italia yang bernama Galileo Galilei. Saat itu termometer yang digunakan menggunakan bahan udara dan air. Selanjutnya di tahun1714, Daniel Gabriel Fahrenheit seorang ilmuwan dari Jerman menciptakan termometer dengan air raksa.
Dan di tahun 1742, Andreas Celcius seorang ilmuwan dari Swedia menemukan termometer dengan memakai skala 100 derajat. Dan di Indonesia termometer sangat populer dengan sebutan Termometer Celcius. Ukuran yang dipakai di dalam Termometer Celcius menggunakan skala 0 sampai 100 derajat. Satuan untuk besaran suhu adalah derajat.

Pengertian Kalor
Kalor adalah salah satu bentuk energi yang dapat pindah karena adanya perbedaan suhu. Secara alamiah, kalor atau panas berpindah dari benda bersuhu tinggi menuju ke suhu yang lebih rendah. Sebelum abad 17, banyak orang yang beranggapan bahwa panas adalah suatu zat yang pindah dari benda memiliki suhu tinggi menuju suhu yang lebih rendah. Apabila kalor merupakan suatu zat, tentu kalor mempunyai massa. Namun ternyata ketika benda suhunya naik, massa benda tersebut tidak berubah, jadi kalor bukan suatu zat.


Satuan Kalor
Perlu diketahui panas termasuk bentuk suatu energi. Maka satuan untuk menyatakan panas atau kalor adalah Joule (J) atau bisa juga Kalori (kal). Namun penggunaan satuan ini sedikit ada perbedaan. Satuan Joule untuk menyatakan satuan usaha atau energi secara umum. Sedangkan satuan kalori untuk menyatakan satuan kalor.
Perbedaan Suhu dan Kalor
Sesuai dengan pembahasan kita kali ini tentang suhu dan kalor di SD. Ternyata antara suhu dan kalor memiliki suatu perbedaan. Apa saja perbedaan antara suhu dan kalor.

Suhu
Hal Hal tentang Suhu
Secara umum suhu bisa diartikan besaran yang menyatakan derajat panas atau dinginnya suatu benda. Dan berikut ini beberapa hal-hal yang perlu kita ketahui mengenai suhu.
suhu dapat menunjukkan energi tiap partikel penyusun suatu benda.
suhu tinggi dapat diartikan benda tersebut cukup panas, sedangkan suhu rendah dapat diartikan bahwa benda cukup dingin.
Alat untuk mengukur suhu adalah termometer.
satuan untuk suhu : Celcius, kelvin dan Reamur, serta Fahrenheit
Hal Hal Tentang Kalor
Kalor merupakan ssalah satu bentuk energi yang dapat pindah karena adanya perbedaan suhu.Dan berikut ini beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang kalor atau panas.
kalor atau panas mengalir dari suhu yang tinggi menuju suhu yang lebih rendah.
kalor dapat dilepaskan maupun diterima kepada suatu benda. Sebagai contoh, benda membeku karena melepaskan energi kalor, benda mencair karena benda tersebut menerima energi kalor. Sehingga kalor dapat mengakibatkan perubahan wujud suatu benda.
Dan kalor tidak bisa langsung diukur, namun bisa dihitung. Kalor dipengaruhi oleh jenis benda, wujud benda, massa benda, dan perubahan suhu benda.
satuan besaran kalor adalah kalori, joule.



Macam Macam Perpindahan Kalor
Secara umum perpindahan panas dibedakan menjadi 3 yakni konduksi, konveksi, dan radiasi. Bagaimana penjelasan mengenai macam macam perpindahan kalor tersebut. Materi perpindahan panas ini akan kami bahas pada postingan selanjutnya.

About SDN Bandulan 1

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
This is the most recent post.
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top