Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5


Siapa ilmuwan yang kamu kagumi? Newton? Einstein?
Banyak dari kamu pasti berpikir kalau menjadi ilmuwan itu sangatlah keren. Gimana enggak? Mereka bisa menciptakan penemuan baru yang bermanfaat bagi kehidupan kita saat ini. Padahal, kalau dipikir-pikir, di jaman mereka, sarana penunjang belajar masih sangat minim. Belum banyak buku pelajaran, belum ada internet, HP, laptop, atau aplikasi belajar kayak Ruangguru. Kebayang nggak tuh? Perjuangan mereka pasti jauh lebih keras dari yang kita lakukan sekarang.

Eits! Jangan pikir juga kalau para ilmuwan itu sudah jenius dari lahir lho ya. Ada beberapa ilmuwan yang bahkan tidak menyelesaikan pendidikannya sampai perguruan tinggi loh. Lalu, gimana caranya ya mereka bisa sepintar itu? Nah, teman-teman, artikel ini akan mengungkap rahasia cara belajar para ilmuwan dunia. Yuk, kita simak sama-sama!
Thomas Alva Edison
Siapa yang tidak mengenal Thomas Alva Edison? Ilmuwan yang satu ini banyak menciptakan penemuan di tiga bidang teknologi, yaitu bola lampu dan kelistrikan, perekam suara, serta perfilman. Thomas Alva Edison telah menghasilkan 1.093 karya yang berpengaruh besar bagi kehidupan kita.
Tapi, kamu tahu nggak sih, saat masih duduk di bangku sekolah dasar, Edison sangat sulit sekali menerima materi pelajaran yang diajarkan, sehingga guru-gurunya menganggap ia sebagai anak yang terbelakang. Sejak kecil, Edison juga mengalami gangguan pendengaran yang menyebabkan kesulitan untuk berkomunikasi secara verbal. Oleh sebab itu, ia sering diejek teman-temannya dengan julukan si idiot. Akhirnya, Edison berhenti dari sekolah dan memilih belajar sendiri di rumah.
Meskipun sering mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dari teman-temannya, Edison tidak patah semangat. Dari kekurangannya ini, ia menjadi seseorang yang banyak ingin tahu tentang segala hal. Ia selalu menanyakan hal-hal yang belum ia pahami dan memunculkan pertanyaan baru setelah mendapat jawaban dari pertanyaan sebelumnya. Jadi, bagi teman-teman, jangan malu untuk bertanya kepada guru atau teman kalian ya kalau ada materi pelajaran yang masih belum dipahami.
Bagi Edison, belajar tidak cukup jika dengan teori saja, melainkan harus mencoba dan terus mencoba. Hal ini ia terapkan pada percobaannya dalam membuat bola lampu. Beribu kali ia mengalami kegagalan pada percobaannya hingga akhirnya usaha dan kesabarannya tidak sia-sia.  

About SDN Bandulan 1

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top